Materi Asmaul Husna
Oleh : Mohamad Sihabudin
Mata Pelajaran: Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti
Kelas/Semester: 7 / Ganjil
Materi Pokok: Asmaul Husna (Al-Rahman, Al-Rahim, Al-Malik, Al-Quddus, As-Salam)
Alokasi Waktu: 4 Pertemuan (8 JP)
A. Kompetensi Inti
Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianut.
Menunjukkan sikap jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (gotong-royong, kerja sama, toleran, damai), dan santun dalam berinteraksi dengan lingkungan.
Memahami dan menerapkan pengetahuan faktual dan konseptual tentang Asmaul Husna.
Mengolah, menyaji, dan menalar dalam ranah konkret dan abstrak terkait dengan pemahaman dan penerapan Asmaul Husna.
B. Tujuan Pembelajaran
Setelah mengikuti pembelajaran, peserta didik diharapkan dapat:
Menyebutkan makna dan arti dari Asmaul Husna yang dipelajari.
Menjelaskan pentingnya beriman kepada Asmaul Husna dalam kehidupan sehari-hari.
Menunjukkan sikap sesuai dengan sifat-sifat Allah yang terkandung dalam Asmaul Husna.
Membiasakan perilaku yang mencerminkan pemahaman tentang Asmaul Husna.
C. Materi Pembelajaran
Pengertian Asmaul Husna
Asmaul Husna adalah nama-nama Allah yang indah dan mulia.
Makna Lima Asmaul Husna yang Dipelajari:
Al-Rahman: Maha Pengasih, sifat kasih sayang Allah yang luas kepada semua makhluk-Nya.
Al-Rahim: Maha Penyayang, kasih sayang Allah yang khusus kepada orang-orang yang beriman.
Al-Malik: Maha Merajai, penguasa atas seluruh alam semesta.
Al-Quddus: Maha Suci, bebas dari segala sifat kekurangan dan kejelekan.
As-Salam: Maha Memberi Keselamatan, sumber dari segala kedamaian dan keselamatan.
D. Metode Pembelajaran
Pendekatan: Saintifik (observasi, bertanya, mengeksplorasi, mengasosiasi, dan mengomunikasikan)
Metode: Ceramah, diskusi, tanya jawab, penugasan, refleksi
E. Kegiatan Pembelajaran
Pertemuan 1 (2 JP)
Kegiatan Pendahuluan (15 menit):
Guru memberikan salam dan mengajak peserta didik berdoa.
Melakukan ice-breaking dengan menyebutkan beberapa nama-nama Allah yang sudah dikenal.
Menyampaikan tujuan pembelajaran.
Kegiatan Inti (60 menit):
Menjelaskan pengertian Asmaul Husna secara umum.
Mengajak peserta didik berdiskusi tentang pentingnya mengenal sifat-sifat Allah.
Kegiatan Penutup (15 menit):
Refleksi: Apa manfaat mengetahui Asmaul Husna dalam kehidupan sehari-hari?
Memberikan tugas untuk mencari dalil Al-Qur'an yang berkaitan dengan Asmaul Husna.
Pertemuan 2 - 4
Memperdalam pembahasan setiap Asmaul Husna yang dipelajari melalui diskusi kelompok, simulasi penerapan sifat-sifat tersebut, dan penilaian formatif.
F. Media dan Sumber Belajar
Media: Poster Asmaul Husna, video pendek tentang sifat-sifat Allah, slide presentasi.
Sumber Belajar:
Al-Qur'an dan terjemahannya
Buku teks PAI kelas 7 Kurikulum Merdeka
Artikel atau bahan bacaan relevan
G. Penilaian
Penilaian Sikap: Observasi sikap jujur, disiplin, dan tanggung jawab.
Penilaian Pengetahuan: Lisan dan tertulis terkait pemahaman makna Asmaul Husna.
Penilaian Keterampilan: Menunjukkan perilaku sesuai sifat Allah (misalnya, bersikap penuh kasih sayang kepada teman).
Instrumen Penilaian
Lembar kerja siswa untuk mencatat makna Asmaul Husna.
Pertanyaan reflektif: Bagaimana kamu bisa menerapkan sifat kasih sayang (Al-Rahman) di sekolah?
Lampiran:
Lembar Kerja Peserta Didik
Rubrik Penilaian Sikap dan Keterampilan
No comments:
Post a Comment