Kitab - kitab Allah
Oleh : Sihab
MODUL AJAR KURIKULUM MERDEKA
Mata Pelajaran: Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti
Kelas/Semester: VIII (Delapan)/Ganjil
Materi Pokok: Meyakini Kitab-Kitab Allah
Alokasi Waktu: 4 Pertemuan (8 JP)
Tujuan Pembelajaran
Setelah mengikuti pembelajaran ini, peserta didik diharapkan dapat:
Menjelaskan pengertian iman kepada kitab-kitab Allah.
Menyebutkan kitab-kitab Allah yang wajib diimani.
Memahami fungsi dan isi pokok kitab-kitab Allah.
Mengaplikasikan nilai-nilai yang terkandung dalam kitab-kitab Allah dalam kehidupan sehari-hari.
Kompetensi Dasar dan Indikator
Kompetensi Dasar: 1.1 Memahami pengertian iman kepada kitab-kitab Allah. 1.2 Menganalisis kitab-kitab Allah yang diturunkan. 1.3 Menginternalisasi nilai-nilai ajaran kitab-kitab Allah dalam kehidupan.
Indikator:
Menyebutkan pengertian iman kepada kitab Allah dengan benar.
Menyebutkan kitab-kitab Allah yang wajib diimani.
Mengidentifikasi perbedaan antara kitab dan suhuf.
Menjelaskan fungsi kitab-kitab Allah.
Menunjukkan sikap positif terhadap ajaran yang terkandung dalam kitab-kitab Allah.
Pendekatan dan Metode Pembelajaran
Pendekatan: Saintifik dan berbasis proyek (Project Based Learning)
Metode:
Diskusi Kelompok
Ceramah Interaktif
Studi Kasus
Langkah-Langkah Pembelajaran
Pertemuan 1 (2 JP)
A. Pendahuluan (15 menit)
Guru membuka pembelajaran dengan salam dan doa.
Apersepsi: Guru mengajukan pertanyaan kepada peserta didik, seperti:
"Siapa yang tahu apa saja kitab suci yang pernah Allah turunkan?"
"Mengapa kita perlu percaya kepada kitab-kitab Allah?"
Menyampaikan tujuan pembelajaran.
B. Kegiatan Inti (60 menit)
Guru menjelaskan pengertian iman kepada kitab-kitab Allah.
Guru meminta peserta didik menyebutkan kitab-kitab Allah yang wajib diimani.
Peserta didik mencatat dan menjawab pertanyaan terkait perbedaan antara kitab dan suhuf.
Diskusi kelompok untuk membuat daftar fungsi kitab-kitab Allah.
C. Penutup (15 menit)
Guru meminta peserta didik menyimpulkan pembelajaran.
Memberikan tugas membaca lebih lanjut tentang kitab-kitab Allah.
Pertemuan 2 (2 JP)
A. Pendahuluan (15 menit)
Mengulas kembali materi pertemuan sebelumnya.
Menyampaikan tujuan pembelajaran hari ini.
B. Kegiatan Inti (60 menit)
Diskusi tentang isi pokok kitab-kitab Allah (Taurat, Zabur, Injil, Al-Qur'an).
Guru menjelaskan perbedaan ajaran pokok dari masing-masing kitab.
Peserta didik menyajikan hasil diskusi kelompok.
C. Penutup (15 menit)
Guru memberikan umpan balik dan refleksi.
Memberikan tugas membaca kisah nabi-nabi penerima kitab Allah.
Pertemuan 3 dan 4 (4 JP)
Proyek Kolaboratif
Membuat poster atau presentasi digital tentang nilai-nilai Al-Qur'an yang diterapkan dalam kehidupan sehari-hari.
Menyusun contoh perilaku yang mencerminkan keimanan kepada kitab-kitab Allah.
Penilaian Pembelajaran
1. Penilaian Sikap: Observasi perilaku beriman kepada kitab-kitab Allah. 2. Penilaian Pengetahuan: Soal evaluasi pilihan ganda dan esai. 3. Penilaian Keterampilan: Proyek kelompok berupa poster/presentasi.
Media dan Sumber Belajar
Media:
Video pembelajaran tentang kitab-kitab Allah.
Poster dan gambar terkait kitab-kitab Allah.
Sumber Belajar:
Al-Qur'an dan terjemahannya.
Buku teks PAI kelas VIII.
Sumber daring yang relevan dan terpercaya.
Refleksi Guru
Apakah tujuan pembelajaran tercapai?
Apakah metode pembelajaran yang digunakan efektif?
Bagaimana tanggapan peserta didik terhadap materi dan aktivitas yang diberikan?
No comments:
Post a Comment