Rabu, 14 Juni 2023

25 Nabi dan Rasul

 Berikut ini sekilas perkenalan 25 Nabi dan Rasul yang wajib diketahui dan di yakini:

1. Nabi Adam adalah manusia pertama yang diciptakan oleh Allah. Beliau adalah cikal-bakal dari seluruh ummat manusia yang ada di bumi. Nabi Adam diciptakan oleh Allah dari tanah liat yang kering yang berasal dari lumpur hitam.

2. Nabi Idris adalah keturunan keenam dari Nabi Adam yang menjadi utusan Allah. Nabi Idris berdakwah untuk meluruskan kembali Agama Allah, mengajarkan Tauhid dan menyembah hanya kepada Allah.

3. Nabi Nuh adalah keturunan kesembilan dari Nabi Adam. Beliau diutus kepada kaumnya yang bernama Bani Rasib yang selalu mendustakan Allah dan menyembah berhala.

4. Nabi Hud adalah Nabi yang berasal dari kaum 'Ad. Beliau merupakan keturunan bangsa Arab yang bertempat tinggal di bukit bukit pasir.

5. Nabi Sholeh diutus oleh Allah kepada kaum Tsamud yang terjerumus karena menyembah berhala. Nabi Sholeh diberi mukjizat oleh Allah berupa seekor unta betina yang dikeluarkan dari celah batu.

6. Nabi Ibrahim memiliki gelar Khalilullah yang artinya kekasih Allah. Dengan izin Allah Nabi Ibrahim tidak mempan dibakar dan dapat mengalahkan raja Namrud yang dzalim.

7. Nabi Luth diutus oleh Allah kepada kaum Sadum yaitu kaum yang melewati batas. Mereka memiliki kebiasaan berhubungan seksual dengan sesama jenis. Karena tidak perduli dengan dakwah Nabi Luth maka dengan izin Allah mereka mendapatkan Adzab berupa hujan batu.

8. Nabi Ismail adalah seorang yang sangat sabar, penyantun dan berhati lembut. Beliau selalu menepati janji bahkan saat ingin disembelih oleh ayahnya (Ibrahim), Ismail yang masih remaja itu berkata " jika ini perintah Allah maka Aku siap untuk melaksanakannya dan insyaallah Engkau akan mendapatiku sebagai orang yang sabar".

9. Nabi Ishaq dilahirkan di desa Habrun. Beliau memiliki putra bernama Aish dan Ya'kub. Belum melanjutkan risalah agama yang dibawa oleh bapaknya yaitu Ibrohim. Nabi Ishaq juga dikenal dengan ramah dan pandai.

10. Nabi Ya'kub adalah putra dari Nabi Ishaq sekaligus cucu Nabi Ibrahim. Nabi Ya'kub menikah dengan perempuan yang bernama Layla dan Rahil. Dari istrinya yang bernama Rahil lahirlah Bunyamin dan Yusuf.

11. Nabi Yusuf putra yang sangat disayangi oleh Nabi Ya'kub. Ini disebabkan karena beliau memiliki akhlak yang baik dan Ia juga memiliki wajah yang sangat tampan. Nabi Yusuf memiliki kelebihan dapat menafsirkan mimpi dan dengan kelebihan itu dengan izin Allah beliau bisa menjadi bendahara di kerajaan Mesir kemudian setelah itu beliau diangkat sebagai seorang Raja.

12. Nabi Ayyub adalah orang yang memiliki kekayaan melimpah ruah yang membentang di daerah Hauran. Kemudian Allah mengujinya dengan lenyapnya seluruh harta dan dirinya terkena penyakit kulit yang luar biasa sehingga dikucilkan oleh masyarakat dan dibuang di penampungan sampah Bani Israil. Nabi Ayyub menjalani itu semua dengan kesabaran dan ketabahan. Bahkan beliau selalu menambah ketaatannya kepada Allah.

13. Nabi Su'aib bergelar Khotibul Anbiya yang artinya ahli pidato. Hal ini disebabkan karena kefasihan, ketinggian dan kedalaman kata-katanya dalam menyampaikan risalah agama kepada ummatnya. Beliau diutus oleh Allah untuk berdakwah di daerah Madyan karena pada waktu itu penduduk Madyan tersesat disebabkan kebiasaannya menyembah "Aikah" yaitu pohon besar yang berada di hutan.

14. Nabi Musa dilahirkan pada saat Fir'aun sedang merajalela berbuat kedzaliman dan sewenang-wenang di muka bumi Mesir serta membuat penduduk menjadi terpecah belah. Nabi Musa kemudian menjadi anak angkat Fir'aun kemudian setelah dewasa Nabi Musa berkeinginan untuk membebaskan Bani Israil dari perbudakan Fir'aun di Mesir. Setelah Allah memberikan petunjuk dan Wahyu kepada Nabi Musa di lembah Tua, maka beliau dengan penuh kemantapan pergi ke kerajaan Mesir untuk berdakwah kepada Fir'aun yang akhirnya mendapatkan keberhasilan.

15. Nabi Harun adalah orang yang Sholeh dan berhati lembut yang mengemban risalah kenabian bersama Nabi Musa. Nabi Harun dan Nabi Musa diutus untuk Bani Israil.

16. Nabi Zulkifli memiliki arti orang yang memiliki kesanggupan karena beliau pernah berjanji akan menyelesaikan semua persoalan serta akan memberikan keputusan yang adil diantara kaumnya.

17. Nabi Daud diutus oleh Allah kepada kaum Bani Israil pada saat itu Jalut berlaku sewenang-wenang. Allah memberikan kelebihan kepada Nabi Daud antara lain dapat melunakkan besi yang dapat digunakan sebagai perlengkapan perang.

18. Nabi Sulaiman mewarisi ilmu pengetahuan dan kitab Zabur dari ayahandanya yaitu Nabi Daud. Beliau memiliki tentara yang terdiri dari jin, manusia dan burung-burung. Semua binatang dapat diatur karena beliau memiliki mukjizat yaitu dapat berbicara dengan bahasa binatang.

19. Nabi Ilyas sering dipanggil dengan sebutan Ibnu Yasin. Beliau diutus untuk kaum Ba'albak yang pada waktu itu selalu menyembah berhala yang bernama Ba'al dan berhala ini berasal dari Phunicia.

20. Nabi Ilyasa diangkat oleh Allah menjadi Rasul untuk Bani Israil yang membawa risalah kenabian menggantikan Nabi Ilyas.

21. Nabi Yunus diberi gelar Dzun-nun diutus oleh Allah untuk kaum Nainuwi. Nabi Yunus berhadapan dengan ummat yang sangat durhaka kepada Allah sehingga beliau pergi meninggalkannya. Ketika Nabi Yunus pergi beliau langsung mendapatkan teguran dari Allah yang mengakibatkannya ditelan oleh ikan 🐟.

22. Nabi Zakaria diangkat menjadi Rasul untuk Bani Israil. Beliau selalu memperjuangkan agama Allah dan beliau selalu berdo'a agar dikaruniai anak yang bisa melanjutkan risalahnya maka dengan izin Allah lahirlah Nabi Yahya.

23. Nabi Yahya adalah putra Nabi Zakaria. Sejak kecil Ia terpelihara dan terjaga dari perbuatan syirik dan maksiat.

24. Nabi Isa diangkat menjadi Nabi untuk Bani Israil. Pokok ajarannya sama dengan ajaran Islam sekarang yaitu mengesakan Allah. Kitab yang diterima olehnya ialah Kita Injil dan beliau juga memiliki 12 orang sahabat yang dikenal dengan nama "Al-Hawariyyun".

25. Nabi Muhammad dilahirkan di dalam masyarakat jahiliah. Beliau dikenal sebagai pemuda yang bersifat lemah lembut dan selalu jujur sehingga beliau diberi gelar "Al-Amin" yang artinya terpercaya. Pada saat sedang berada di Gua Hira, Beliau didatangi oleh Malaikat Jibril kemudian menerima Wahyu surat Al-'Alaq ayat 1 sampai 5. Dengan kejadian tersebut maka beliau menjadi Rasul dan merupakan Nabi dan Rasul terakhir (sebagai Nabi dan Rasul penutup).


Semoga bermanfaat

Penulis

Mohamad Sihabudin

Guru Pendidikan Agama Islam

SMP NEGERI 160 JAKARTA 


Tidak ada komentar:

Posting Komentar