Selasa, 13 Juni 2023

Tiga Ilmu Yang Wajib Dipelajari

 Sebagai ummat Islam Kita wajib mempelajari tiga ilmu penting. Adapun ilmu yang dimaksud ialah: 

1. Ilmu Tauhid

2. Ilmu Fiqih

3. Ilmu Akhlak atau Tasawuf

Jika tidak mempelajari ilmu tauhid maka kemungkinan besar tidak akan mengenal Allah dan jika tidak mengenal Allah maka akibatnya tidak bisa untuk masuk ke dalam Syurga.

Jika tidak mempelajari ilmu Fiqih maka kemungkinan besar tidak akan benar dalam beribadah kepada Allah dan jika ibadah tidak benar maka akibatnya tidak bisa masuk ke dalam Syurga.

Jika tidak mempelajari ilmu akhlak atau tasawuf maka kemungkinan besar tidak akan benar dalam berakhlak baik kepada manusia atau kepada Allah dan jika tidak benar akhlaknya maka kemungkinan besar tidak akan bisa masuk ke dalam Syurga.


Ilmu Tauhid adalah ilmu tatacara mengenal Allah, biasanya ilmu ini terdapat dalam sebuah kitab yang dikarang oleh ulama besar dan bersumber dari Al-Qur'an dan hadits. Contoh kitabnya seperti Tijan Darori yang di dalamnya terdapat penjelasan mengenai sifat-sifat Allah.

Ilmu Fiqih adalah ilmu tatacara beribadah kepada Allah, biasanya ilmu ini terdapat dalam sebuah kitab yang dikarang oleh ulama besar dan bersumber dari Al-Qur'an dan hadits. Contoh kitabnya seperti Safiinatunnaja yang di dalamnya terdapat penjelasan mengenai tatacara berwudhu, sholat, puasa dan lain sebagainya.

Ilmu Akhlak atau Tasawuf adalah ilmu tatacara berakhlak baik kepada manusia atau kepada Allah, biasanya ilmu ini terdapat dalam sebuah kitab yang dikarang oleh ulama besar dan bersumber dari Al-Qur'an dan hadits. Contoh kitabnya seperti Al-Hikam yang di dalamnya terdapat penjelasan mengenai tatacara membersihkan hati dari ujub, riya', takabbur dan lain sebagainya. Akhlak dan tasawuf juga merupakan ilmu yang mempelajari bagaimana kita bertingkah laku yang baik sehingga antara hati, lisan dan perbuatan bisa seirama untuk menggapai ridho Allah.

Berkaitan dengan itu semua, Penulis teringat pada sebuah kisah yang sangat luar biasa yaitu kejadian yang dialami oleh Nabi Muhammad ketika didatangi oleh Malaikat Jibril kemudian ditanya mengenai Iman, Islam dan Ihsan. 

Terdapat korelasi antara peristiwa tersebut dengan pembahasan Penulis, diantara korelasinya ialah:

1. Iman berkaitan dengan ilmu tauhid

2. Islam berkaitan dengan ilmu Fiqih

3. Ihsan berkaitan dengan ilmu akhlak dan tasawuf 

Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa:

1. Orang yang tidak mempelajari ilmu tauhid maka tidak akan mengenal Allah

2. Orang yang tidak mempelajari ilmu Fiqih maka tidak akan benar dalam beribadah kepada Allah

3. Orang yang tidak mempelajari ilmu akhlak atau tasawuf maka akhlaqnya tidak akan benar.


Demikian tulisan yang sangat singkat ini semoga bermanfaat dan bisa menjadi motivasi untuk semua manusia dalam mencari ilmu.

Aamiin yaa robbal 'aalamiin

Penulis

Mohamad Sihabudin

Guru Pendidikan Agama Islam

SMP NEGERI 160 JAKARTA


Tidak ada komentar:

Posting Komentar