Minggu, 04 Juni 2023

PROGRAM TAHUNAN PAI SMP

 

Mohamad Sihabudin

Satuan Pendidikan      : SMP Negeri 160 Jakarta
Mata Pelajaran            : Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti
Kelas                           : VII

 

Kompetensi Inti          :

1.       Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya.

2.       Menghargai, dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli(toleransi,gotong royong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya.

3.       Memahami  pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang  ilmu   pengetahuan,teknologi, seni budaya terkait penomena dan kejadian yang tampak  mata).

4.       Mencoba,mengolah,  dan menyaji, dalam ranah konkret( menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat)   dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan  sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori)..

 

Kompetensi Dasar

Materi Pokok

Alokasi waktu

(1)

(2)

(3)

1.1       Menghayati Al-Quran sebagai implementasi dari pemahaman rukun iman.

1.2       Beriman kepada Allah SWT

1.3       Beriman kepada malaikat Allah SWT

1.4       Menerapkan ketentuan bersuci dari hadats kecil dan hadats besar berdasarkan syariat Islam

(Usulan staf khusus terkait dengan masalah haid sudah diakomodir pada kelas 4 SD/MI)

1.5       Menunaikan  shalat wajib berjamaah sebagai implementasi dari pemahaman rukun Islam

1.6       Menunaikan shalat Jumat sebagai implementasi dari pemahaman Q.S. Al-Jumu‘ah (62): 9

1.7       Menunaikan shalat jamak qasar ketika bepergian jauh (musafir) sebagai implementasi dari pemahaman ketaatan beribadah

 

 

2.1       Menghargai perilaku jujur sebagai implementasi dari pemahaman Q.S. Al-Baqarah (2): 42 dan hadis terkait

2.2       Menghargai perilaku hormat dan patuh kepada orang tua dan guru sebagai implementasi dari Q.S. Al-Baqarah (2): 83 dan hadis terkait

2.3         Menghargai perilaku empati terhadap sesama sebagai implementasi dari Q.S. An-Nisa (4): 8 dan hadis terkait

2.4       Menghargai perilaku ikhlas, sabar, dan pemaaf sebagai implementasi dari pemahaman Q.S. An-Nisa (4):146, Q.S. Al Baqarah (2):153, dan Q.S. Ali Imran (3): 134, dan hadis terkait

2.5       Menghargai perilaku amanah sebagai implementasi dari Q.S. Al-Anfal (8): 27 dan hadis terkait

2.6       Menghargai perilaku istiqamah sebagai implementasi dari pemahaman QS Al-Ahqaf (46): 13 dan hadis terkait

2.7       Menghargai perilaku semangat menuntut ilmu sebagai implementasi dari pemahaman sifat Allah (Al-’Alim, al-Khabir, as-Sami’, dan al-Bashir) dan Q.S. Al-Mujadilah (58): 11 dan Q.S. Ar-Rahman (55):33 serta hadis terkait

2.8       Meneladani perjuangan Nabi Muhammad SAW periode Mekah dan Madinah

2.9       Meneladani sikap terpuji khulafaurrasyidin

 

 

3.3    Memahami  isi kandungan Q.S. Al-Mujadilah (58): 11 dan Q.S. Ar-Rahman (55):33, serta hadi¡ terkait tentang menuntut ilmu.

4.3.1   Membaca Q.S. Al-Mujadilah (58): 11 dan Q.S. Ar-Rahman (55):33, dengan tartil

4.3.2  Menunjukkan hafalan Q.S. Al-Mujadilah (58): 11 dan Q.S. Ar-Rahman (55):33    dengan lancar

 

1.      Q.S. Al-Mujadilah (58): 11 dan Q.S. Ar-Rahman (55):33.

1.1.  Bacaan Q.S. Al-Mujadilah (58): 11 dan Q.S. Ar-Rahman (55):33.

1.2.  Arti Q.S. Al-Mujadilah (58): 11 dan Q.S. Ar-Rahman (55):33.

1.3.  Kandungan Q.S. Al-Mujadilah (58): 11 dan Q.S. Ar-Rahman (55):33

2.      Hukum bacaan Mad

2.1.  Ketentuan hukum bacaan mad.

2.2.  Praktik membaca  hukum bacaan mad.

4 x 3 Jam Pelajaran

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

3.5  Memahami  isi kandungan Q.S. An-Nisa (4):146, Q.S. Al Baqarah (2):153, dan Q.S. Ali Imran (3): 134, serta hadis terkait tentang ikhlas, sabar dan pemaaf.

4.5.1     Membaca Q.S. An-Nisa (4):146, Q.S. Al Baqarah (2):153, dan Q.S. Ali Imran (3): 134, dengan tartil

4.5.2    Menunjukkan hafalan Q.S. An-Nisa (4):146, Q.S. Al Baqarah (2):153, dan Q.S. Ali Imran (3): 134,   dengan lancar

 

1.  Q.S. An-Nisa (4):146, Q.S. Al Baqarah (2):153, dan Q.S. Ali Imran (3): 134.

1.1.   Bacaan Q.S. An-Nisa (4):146, Q.S. Al Baqarah (2):153, dan Q.S. Ali Imran (3): 134.

1.2.   Arti  Q.S. An-Nisa (4):146, Q.S. Al Baqarah (2):153, dan Q.S. Ali Imran (3): 134.

1.3.   Kandungan Q.S. An-Nisa (4):146, Q.S. Al Baqarah (2):153, dan Q.S. Ali Imran (3): 134

2.  Hukum bacaan nun sukun dan tanwin

2.1.Pengertian hukum bacaan nun sukun dan tanwin.

2.2.   Macam-macam hukum bacaan nun sukun dan tanwin.

2.3.   Praktik hukum bacaan nun sukun dan tanwin.

4 x 3 Jam Pelajaran

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

3.1    Memahami  makna Al-’Alim, al-Khabir, as-Sami’, dan al-Bashir.

4.1  Menyajikan contoh perilaku yang mencerminkan orang yang meneladani  al-Asmaul-Husna: Al-’Alim, al-Khabir, as-Sami’, dan al-Bashir.

 

1.    Iman Kepada Allah Swt.

1.1.  Pengertian iman kepada Allah Swt.

1.2.  Dalil naqli tentang iman kepada Allah Swt.

2.    Makna al-Asmaul husna:  Al-’Alim, al-Khabir, as-Sami’, dan al-Bashir.

2.1.  Pengertian al-Asmaul husna

2.2.  Makna al-Asmaul husna:  Al-’Alim, al-Khabir, as-Sami’, dan al-Bashir.

2.3.  Perilaku al-Asmaul husna:  Al-’Alim, al-Khabir, as-Sami’, dan al-Bashir dalam kehidupan sehari-hari.

3 x 3 Jam Pelajaran

 

3.2.  Memahami makna iman kepada malaikat  berdasarkan dalil naqli

4.2 .  Menyajikan contoh perilaku  yang mencerminkan  iman kepada malaikat.

 

1.   Iman kepada Malaikat Allah Swt.

1.1.   Pengertian iman kepada Malaikat Allah Swt.

1.2.   Nama-nama dan tugas Malaikat

2.   Makna iman kepada malaikat  berdasarkan dalil naqli.

2.1.  Makna iman kepada   malaikat  berdasarkan dalil naqli.

2.2.   Perilaku orang yang beriman kepada malaikat Allah Swt.

3x 3 Jam Pelajaran

 

3.6    Memahami makna tentang perilaku amanah sebagai implementasi dari Q.S. al-Anfal/8: 27  dan hadis terkait.

3.7    Memahami  makna tentang perilaku istiqamah sebagai implementasi dari pemahaman Q.S. al- Ahqaf/46: 13  dan hadis terkait.

4.3    Mencontohkan  perilaku amanah sebagai implementasi dari Q.S. al-Anfal/8: 27  dan hadis terkait

4.5    Mencontohkan perilaku Istiqamah sesuai kandungan Q.S. al- Ahqaf/46: 13  dan hadis terkait.

1.    Jujur

1.1.Pengertian jujur

1.2.Contoh perilaku jujur

1.3.Hikmah atau manfaat jujur.

2.    Amanah

2.1. Pengertian amanah

2.2. Contoh perilaku amanah

2.3. Hikmah atau manfaat amanah.

3.     Istiqamah

3.1   Pengertian istiqamah

3.2   Contoh perilaku istiqamah

3.3   Hikmah atau manfaat Istiqamah

3 x 3 Jam Pelajaran

 

 

 

 

 

 

 

 

 

3.3.  Memahami makna empati terhadap sesama sesuai kandungan Q.S. an-Nisa/4: 8 dan hadi¡ terkait.

4.3 Mencontohkan perilaku empati terhadap sesama sesuai kandungan Q.S. An-Nisa (4): 8 dan hadis terkait.

 

1.        Empati,

1.1.       Pengertian empati.

1.2.       Pentingnya empati.

1.3.       Dalil naqli tentang empati dan artinya.

1.4.       Hikmah empati dalam kehidupan sehari-hari.

2.        Hormat kepada kedua orang tua

2.1.   Pengertian hormat kepada kedua orang tua.

2.2.   Dalil naqli tentang hormat kepada orang tua dan artinya.

2.3.   Cara hormat kepada kedua orang tua.

3.        Hormat kepada  guru

3.1.  Pengertian hormat kepada guru.

3.2. Dalil naqli tentang hormat kepada guru dan artinya.

3.3. Cara hormat kepada guru.

3 x 3 Jam Pelajaran

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

3.8  Memahami ketentuan bersuci dari hadas  kecil dan hadas  besar

4.6   Mempraktikkan tata cara bersuci dari hadas  kecil dan hadas besar.

 

1.        Ketentuan  bersuci dari hadas kecil dan hadas besar

1.1.       Pengertian  Taharah

1.2.       Macam-macam hadas

1.3.       Macam-macam najis

1.4.       Tata cara bersuci dari hadas kecil dan hadas besar.

1.5.       Hikmah   Taharah.

3 x 3 Jam Pelajaran

 

 

 

 

3.9  Memahami ketentuan shalat berjamaah

4.8  Mempraktikkan shalat berjamaah

 

1.    Salat wajib berjamaah

1.1.Pengertian shalat berjamaah

1.2.Dalil naqli mengenai shalat berjamaah

1.3.Ketentuan  shalat berjamaah

1.4.Tata cara shalat berjamaah

1.5.Hikmah shalat berjamaah

3 x 3 Jam Pelajaran

 

 

 

 

3.10  Memahami ketentuan shalat Jumat

4.9    Mempraktikkan shalat Jumat

 

1.    Salat Jumat

1.1.Pengertian shalat Jumat

1.2. Dalil naqli mengenai shalat Jumat

1.3.Ketentuan shalat Jumat

1.4.Tata cara shalat Jumat

1.5.Hikmah shalat Jumat

3 x 3 Jam Pelajaran

 

 

 

 

 

 

3.11  Memahami ketentuan shalat jamak qasar

4.7    Mempraktikkan shalat shalat jamak qasar

1.  Salat jamak qasar

1.1.Pengertian shalat jamak qasar

1.2. Dalil naqli mengenai shalat jamak qasar

1.3.Ketentuan shalat jamak qasar

1.4.Tata cara shalat jamak qasar

1.5.Hikmah shalat jamak qasar

3 x 3 Jam Pelajaran

 

 

 

 

 

3.12 Memahami sejarah perjuangan Nabi Muhammad Saw. Periode Mekah

4.7       Menyajikan  strategi perjuangan  yang dilakukan Nabi Muhammad Saw. periode Mekah

 

1.    Sejarah perjuangan Nabi Muhammad Saw. periode Mekah

1.1. Kelahiran nabi Muhammad Saw.

1.2. Nabi Muhammad Saw. diangkat menjadi rasul

1.3. Dakwah nabi Muhammad di Mekah

2 x 3 Jam Pelajaran

 

 

 

 

 

3.13  Memahami sejarah perjuangan Nabi Muhammad SAW Periode Madinah dan Madinah.

4.13      Menyajikan  strategi perjuangan yang dilakukan Nabi Muhammad Saw. periode Madinah.

 

 

 

1.    Sejarah perjuangan Nabi Muhammad Saw. periode Madinah

1.1. sebab-sebab Nabi Muhammad Saw. hijrah.

1.2. peristiwa Nabi Muhammad Saw. hijrah

1.3. Dakwah nabi Muhammad di Madinah

1 x 3 Jam Pelajaran

 

 

 

 

 

3.14  Mengetahui sikap terpuji khulafaurrasyidin

4.14  Mencontohkan perilaku terpuji dari khulafaurrasyidin

 

 

 

1.        Sikap terpuji khulafaurrasyidin

1.1.Khalifah Abu Bakar as-Siddiq

1.2.Khalifah Umar bin Khatab

1.3.Khalifat Usman bin Affan

1.4.Khalifah Ali bin Abi Thalib

1 x 3 Jam Pelajaran

 

 

 

 

 

 

Mengetahui,                                                                            Jakarta, 02  Juli 2020

Kepala Sekolah                                                                     Guru Mata Pelajaran PAI

 

 

 

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar