Mohamad Sihabudin |
Satuan Pendidikan :
SMP Negeri 160
Jakarta
Mata Pelajaran : Pendidikan
Agama Islam dan Budi Pekerti
Kelas : VII
Kompetensi Inti :
1.
Menghargai dan
menghayati ajaran agama yang dianutnya.
2.
Menghargai, dan menghayati perilaku jujur, disiplin,
tanggung jawab, peduli(toleransi,gotong royong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan
alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya.
3.
Memahami pengetahuan (faktual, konseptual, dan
prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu
pengetahuan,teknologi, seni budaya terkait
penomena dan kejadian yang tampak mata).
4.
Mencoba,mengolah, dan menyaji, dalam ranah konkret(
menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca,
menghitung, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori)..
Kompetensi
Dasar |
Materi
Pokok |
Alokasi
waktu |
(1) |
(2) |
(3) |
1.1 Menghayati Al-Quran sebagai implementasi dari pemahaman rukun iman. 1.2 Beriman kepada Allah SWT 1.3 Beriman kepada malaikat Allah SWT 1.4 Menerapkan ketentuan bersuci dari hadats kecil dan
hadats besar berdasarkan syariat Islam (Usulan staf khusus terkait dengan masalah haid sudah diakomodir pada
kelas 4 SD/MI) 1.5 Menunaikan
shalat wajib berjamaah sebagai implementasi dari pemahaman rukun Islam 1.6 Menunaikan shalat Jumat sebagai implementasi dari
pemahaman Q.S. Al-Jumu‘ah (62): 9 1.7 Menunaikan shalat jamak qasar ketika bepergian jauh (musafir) sebagai
implementasi dari pemahaman ketaatan beribadah |
|
|
2.1 Menghargai perilaku jujur sebagai implementasi
dari pemahaman Q.S. Al-Baqarah (2): 42 dan hadis terkait 2.2 Menghargai perilaku hormat dan patuh kepada orang
tua dan guru sebagai implementasi dari Q.S. Al-Baqarah (2): 83 dan hadis
terkait 2.3
Menghargai
perilaku empati terhadap sesama sebagai implementasi dari Q.S. An-Nisa (4): 8 dan hadis terkait 2.4 Menghargai perilaku ikhlas, sabar, dan pemaaf sebagai implementasi dari pemahaman Q.S. An-Nisa (4):146, Q.S. Al Baqarah (2):153, dan Q.S. Ali Imran (3): 134, dan hadis terkait 2.5 Menghargai perilaku amanah sebagai implementasi
dari Q.S. Al-Anfal (8): 27 dan hadis terkait 2.6 Menghargai perilaku istiqamah sebagai implementasi
dari pemahaman QS Al-Ahqaf (46): 13 dan hadis terkait 2.7 Menghargai perilaku semangat menuntut ilmu sebagai implementasi
dari pemahaman sifat Allah (Al-’Alim,
al-Khabir, as-Sami’, dan al-Bashir) dan Q.S. Al-Mujadilah (58):
11 dan Q.S. Ar-Rahman (55):33 serta hadis terkait 2.8 Meneladani perjuangan Nabi Muhammad SAW periode Mekah dan Madinah 2.9 Meneladani sikap terpuji khulafaurrasyidin |
|
|
3.3
Memahami isi kandungan Q.S. Al-Mujadilah
(58):
11 dan Q.S. Ar-Rahman (55):33, serta hadi¡ terkait tentang menuntut ilmu. 4.3.1 Membaca Q.S. Al-Mujadilah
(58):
11 dan Q.S. Ar-Rahman (55):33, dengan tartil 4.3.2 Menunjukkan hafalan Q.S. Al-Mujadilah
(58):
11 dan Q.S. Ar-Rahman (55):33
dengan lancar |
1.
Q.S. Al-Mujadilah
(58):
11 dan Q.S. Ar-Rahman (55):33. 1.1.
Bacaan Q.S. Al-Mujadilah (58): 11 dan Q.S. Ar-Rahman (55):33. 1.2.
Arti Q.S. Al-Mujadilah (58): 11 dan Q.S. Ar-Rahman (55):33. 1.3.
Kandungan Q.S. Al-Mujadilah (58): 11 dan Q.S. Ar-Rahman (55):33 2.
Hukum bacaan Mad 2.1.
Ketentuan hukum
bacaan mad. 2.2. Praktik
membaca hukum bacaan mad. |
4 x 3 Jam Pelajaran |
3.5 Memahami isi kandungan Q.S. An-Nisa (4):146, Q.S. Al Baqarah (2):153, dan Q.S. Ali Imran (3):
134, serta hadis
terkait tentang ikhlas, sabar dan pemaaf. 4.5.1
Membaca Q.S. An-Nisa (4):146, Q.S. Al Baqarah (2):153, dan Q.S. Ali Imran (3): 134, dengan
tartil 4.5.2
Menunjukkan
hafalan Q.S. An-Nisa (4):146, Q.S. Al
Baqarah (2):153, dan Q.S. Ali Imran (3): 134,
dengan lancar |
1.
Q.S. An-Nisa (4):146, Q.S. Al Baqarah (2):153, dan Q.S. Ali Imran (3): 134. 1.1.
Bacaan Q.S. An-Nisa (4):146, Q.S. Al
Baqarah (2):153, dan Q.S. Ali Imran (3): 134. 1.2.
Arti Q.S. An-Nisa (4):146, Q.S. Al Baqarah (2):153, dan Q.S. Ali Imran (3): 134. 1.3.
Kandungan Q.S. An-Nisa (4):146, Q.S. Al
Baqarah (2):153, dan Q.S. Ali Imran (3): 134 2.
Hukum bacaan nun
sukun dan tanwin 2.1.Pengertian
hukum bacaan nun sukun dan tanwin. 2.2.
Macam-macam
hukum bacaan nun sukun dan tanwin. 2.3.
Praktik hukum
bacaan nun sukun dan tanwin. |
4 x 3 Jam Pelajaran |
3.1
Memahami makna Al-’Alim, al-Khabir, as-Sami’, dan al-Bashir. 4.1 Menyajikan contoh perilaku yang
mencerminkan orang yang meneladani al-Asmaul-Husna: Al-’Alim, al-Khabir, as-Sami’, dan
al-Bashir. |
1.
Iman Kepada
Allah Swt. 1.1.
Pengertian iman
kepada Allah Swt. 1.2.
Dalil naqli
tentang iman kepada Allah Swt. 2. Makna al-Asmaul husna: Al-’Alim, al-Khabir, as-Sami’,
dan al-Bashir. 2.1. Pengertian
al-Asmaul husna 2.2. Makna al-Asmaul husna: Al-’Alim,
al-Khabir, as-Sami’, dan al-Bashir. 2.3.
Perilaku al-Asmaul husna: Al-’Alim,
al-Khabir, as-Sami’, dan al-Bashir dalam kehidupan sehari-hari. |
3 x 3
Jam Pelajaran |
3.2. Memahami makna iman kepada malaikat berdasarkan dalil naqli 4.2
. Menyajikan contoh perilaku yang mencerminkan iman kepada malaikat. |
1.
Iman kepada
Malaikat Allah Swt. 1.1.
Pengertian iman
kepada Malaikat Allah Swt. 1.2.
Nama-nama dan
tugas Malaikat 2.
Makna iman kepada malaikat berdasarkan dalil naqli. 2.1. Makna iman
kepada malaikat berdasarkan dalil naqli. 2.2. Perilaku orang yang beriman kepada
malaikat Allah Swt. |
3x
3 Jam Pelajaran |
3.6 Memahami makna tentang perilaku amanah
sebagai implementasi dari Q.S. al-Anfal/8: 27 dan hadis
terkait. 3.7 Memahami makna
tentang perilaku
istiqamah sebagai implementasi dari pemahaman Q.S. al-
Ahqaf/46: 13 dan hadis terkait. 4.3
Mencontohkan perilaku amanah sebagai implementasi dari Q.S. al-Anfal/8:
27 dan hadis terkait 4.5 Mencontohkan perilaku Istiqamah sesuai
kandungan Q.S. al- Ahqaf/46: 13 dan hadis
terkait. |
1.
Jujur 1.1.Pengertian
jujur 1.2.Contoh
perilaku jujur 1.3.Hikmah
atau manfaat jujur. 2.
Amanah 2.1.
Pengertian amanah 2.2.
Contoh perilaku amanah 2.3.
Hikmah atau manfaat amanah. 3.
Istiqamah 3.1 Pengertian istiqamah 3.2 Contoh perilaku istiqamah 3.3 Hikmah atau manfaat Istiqamah |
3
x 3 Jam Pelajaran |
3.3. Memahami
makna empati terhadap sesama sesuai kandungan Q.S. an-Nisa/4: 8 dan hadi¡ terkait. 4.3
Mencontohkan perilaku empati terhadap sesama sesuai kandungan Q.S. An-Nisa
(4): 8 dan hadis terkait. |
1.
Empati, 1.1.
Pengertian
empati. 1.2.
Pentingnya
empati. 1.3.
Dalil naqli
tentang empati dan artinya. 1.4.
Hikmah empati
dalam kehidupan sehari-hari. 2.
Hormat kepada
kedua orang tua 2.1. Pengertian hormat kepada kedua orang tua. 2.2. Dalil naqli tentang hormat kepada orang
tua dan artinya. 2.3. Cara hormat kepada kedua orang tua. 3.
Hormat
kepada guru 3.1. Pengertian hormat kepada guru. 3.2.
Dalil naqli tentang hormat kepada guru dan artinya. 3.3.
Cara hormat kepada guru. |
3
x 3 Jam Pelajaran |
3.8 Memahami ketentuan
bersuci dari hadas kecil dan hadas besar 4.6 Mempraktikkan
tata cara bersuci dari hadas
kecil dan hadas besar. |
1.
Ketentuan bersuci dari
hadas
kecil dan hadas besar 1.1. Pengertian Taharah 1.2. Macam-macam
hadas 1.3. Macam-macam
najis 1.4. Tata
cara bersuci dari hadas kecil dan hadas besar. 1.5. Hikmah Taharah. |
3 x 3
Jam Pelajaran |
3.9 Memahami ketentuan
shalat berjamaah 4.8 Mempraktikkan shalat berjamaah |
1.
Salat
wajib berjamaah 1.1.Pengertian
shalat berjamaah 1.2.Dalil naqli mengenai shalat
berjamaah 1.3.Ketentuan
shalat
berjamaah 1.4.Tata
cara shalat berjamaah 1.5.Hikmah
shalat berjamaah |
3
x 3 Jam Pelajaran |
3.10 Memahami
ketentuan shalat Jumat 4.9
Mempraktikkan shalat Jumat |
1.
Salat
Jumat 1.1.Pengertian
shalat Jumat 1.2. Dalil naqli mengenai shalat
Jumat 1.3.Ketentuan
shalat Jumat 1.4.Tata
cara shalat Jumat 1.5.Hikmah
shalat Jumat |
3
x 3 Jam Pelajaran |
3.11 Memahami
ketentuan shalat jamak qasar 4.7 Mempraktikkan shalat shalat jamak qasar |
1. Salat jamak
qasar 1.1.Pengertian
shalat jamak qasar 1.2. Dalil naqli mengenai shalat jamak
qasar 1.3.Ketentuan
shalat jamak qasar 1.4.Tata
cara shalat jamak qasar 1.5.Hikmah
shalat jamak qasar |
3
x 3 Jam Pelajaran |
3.12
Memahami sejarah perjuangan
Nabi Muhammad Saw. Periode Mekah 4.7
Menyajikan strategi perjuangan yang dilakukan Nabi Muhammad Saw. periode
Mekah |
1. Sejarah perjuangan Nabi Muhammad Saw.
periode Mekah 1.1.
Kelahiran nabi Muhammad Saw. 1.2.
Nabi Muhammad Saw. diangkat menjadi rasul 1.3.
Dakwah nabi Muhammad di Mekah |
2
x 3 Jam Pelajaran |
3.13 Memahami sejarah perjuangan Nabi Muhammad
SAW Periode Madinah dan Madinah. 4.13
Menyajikan
strategi perjuangan yang dilakukan Nabi Muhammad Saw. periode Madinah. |
1. Sejarah perjuangan Nabi Muhammad Saw.
periode Madinah 1.1.
sebab-sebab Nabi Muhammad Saw. hijrah. 1.2.
peristiwa Nabi Muhammad Saw. hijrah 1.3.
Dakwah nabi Muhammad di Madinah |
1
x 3 Jam Pelajaran |
3.14 Mengetahui sikap terpuji khulafaurrasyidin 4.14 Mencontohkan perilaku terpuji dari
khulafaurrasyidin |
1.
Sikap terpuji
khulafaurrasyidin 1.1.Khalifah
Abu Bakar as-Siddiq 1.2.Khalifah
Umar bin Khatab 1.3.Khalifat
Usman bin Affan 1.4.Khalifah
Ali bin Abi Thalib |
1
x 3 Jam Pelajaran |
Mengetahui, Jakarta, 02 Juli 2020
Kepala Sekolah Guru Mata Pelajaran PAI
Tidak ada komentar:
Posting Komentar